- Pengertian Metode Pembelajaran
Menurut Dahlan, model pembelajaran adalah rencana atau pola yang digunakan dalam menyusun kurikulum, mengatur materi pengajaran dan memberi petunjuk pada pengajar di kelas dalam setting pengajaran atau setting lainnya. Tiap model mengajar yang dipilih haruslah mengungkapkan berbagai realitas yang sesuai dengan situasi kelas dan macam pandangan hidup, yang dihasilkan dari kerjasama guru dan murid.
Dalam menentukan metode pembelajaran perlu diperhatikan situasi di lingkungan tempat belajar. Pemilihan metode pembelajaran, merupakan salah satu tahapan penting dalam proses pembelajaran. Karena dengan metode tersebutlah kita dapat menyusun rencana pembelajaran beserta media pembelajaran yang akan digunakan.
Metode pembelajaran yang akan dibahas pada makalah ini yaitu merupakan metode yang cocok diterapkan dengan media pembelajaran yang dibuat. Metode tersebut meliputi:
- Metode Ceramah
Metode ceramah merupakan cara pengajaran yang dilakukan oleh guru secara monolog dan hubungan satu arah dan dilakukan secara face-to face. Metode ceramah ini merupakan kombinasi dari metode hafalan, diskusi dan tanya jawab. Metode ini akan berjalan dengan baik apabila dalam pelaksanaannya dipersiapkan dengan baik, yaitu didukung dengan alat dan media serta memperhatikan batas-batas penggunaannya.
Sintaks dalam metode ceramah meliputi:
- Langkah persiapan yaitu guru menyiapkan bahan yang berkenaan dengan pokok-pokok masalah
- Langkah generalisasi yaitu unsur yang sama da berlainan dihimpun untuk mendapatkan kesimpulan mengenai pokok masalah
- Langkah aplikasi penggunaan yaitu kesimpulan yang telah diperoleh digunakan dalam berbagai situasi sehingga kesimpulan tersebut memiliki makna yang nyata
- Metode Menyimak
Metode menyimak merupakan metode konkret yang digunakan saat pembelajaran sedang berlangsung dan digunakan untuk mengimplementasikan suatu hal secara spesifik. Dalam alat yang dibuat yang berupa media audio-visual menyimak di sini yaitu mendengarkan dan melihat suatu video untuk lebih memahami pelajaran terkait.
Sintaks dalam metode menyimak yaitu:
- Memberi pengantar tentang video sebelum diputar
- Melakukan interaksi aktif dengan siswa selama pemutaran video
- Mendorong siswa untuk melakukan aktivitas setelah menonton
- Mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan
- Pengertian Media Pembelajaran
Media dalam pembelajaran merupakan salah satu instrumen yang ikut menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Sebab adanya media pembelajaran secara langsung dapat memberikan dinamika tersendiri terhadap
peserta didik ketika proses belajar mengajar berlangsung.
Association for Education and Communication Technology (AECT) mendefinisikan media yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Sedangkan Education Association (NEA) mendefinisikan sebagai benda yang dapat dimanipulasi, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar
mengajar, dapat mempengaruhi efektifitas program instruksional.
Berdasarkan pengertian yang ada, maka dapat kita ketahui bahwa media pembelajaran mempunyai peran yang penting dalam proses belajar mengajar. Sehingga sebagai calon guru, sudah sepantasnya apabila ia dapat membuat media pembelajaran sendiri yang akan memudahkan siswa dalam mempelajari mata pelajaran yang diampu. Media pembelajaran dapat kita klasifikasikan menjadi media pembelajaran konvensional dan media pembelajaran modern. Di bawah ini akan di jelaskan mengenai media pembelajaran konvensioal dan modern serta contoh media pembelajaran yang di buat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar